Siapa yang bisa menyebutkan, 3 kota wisata paling favorit di Australia? Ya, benar! Jawabannya adalah Sydney, Melbourne dan Gold Coast. Tentang keindahan dan serunya 3 kota ini, pasti sudah sering di dengar ya..

Nah, bulan Agustus-September lalu, kami sekeluarga berlibur ke Sydney, Gold Coast dan Brisbane..Dan kami menemukan sebuah 'Surga Mini untuk Keluarga' di kota Brisbane..ehm, penasaran?

Jarak dari Gold Coast ke Brisbane tidak jauh, hanya sekitar 1 jam dengan bus atau kereta. Dari  stasiun kereta Helensvale di Gold Coast kami membeli tiket tujuan Southbank..keretanya bersih dan nyaman dan tersedia free wifi yang cepat! Perjalanan 1 jam jadi tidak terasa :)

Harga tiket untuk 2 dewasa dan 2 anak (paket) adalah 45 AUD sekali jalan tapi tiket ini (ternyata) bisa dipakai untuk menaiki City Cad, yaitu sebuah kapal ferry yang berputar di sekitar southbank. Perlu dicatat bahwa tiket City Card hanya berlaku 2 jam setelah pembelian awal,  jadi harus segera dipakai. Sayangnya kami terlambat mengetahui info ini jadi gagal deh naik ferry 'gratisan'.

Suasana di dalam kereta menuju Southbank :)

Dari stasiun Southbank, kami cukup berjalan kaki 5 menit untuk tiba di Southbanks Parklands, surga mini yang saya sebut sebelumnya.

Memasuki area ini, di kanan jalan terlihat Memorial Park, sebuah taman yang teduh dan luas. Tentang ada apa di dalam sana kami kurang tahu, karena padatnya itinerary sehingga kami memutuskan untuk langsung menjelajahi taman dimulai dari Museum Maritime.

Koleksi kapal asli di Museum Maritime, Brisbane

Museum Maritime berisi tentang seluk beluk perkapalan seperti sebuah kapal asli yang bisa kita masuki, replika kapal dan beberapa peralatan kapal jaman dahulu. Harga tiket Museum Maritime ini adalah 28 AU$ untuk 2 dewasa dan 2 anak. Kami tidak berlama-lama di museum ini karena kami ingin lanjut menyusuri taman menuju ke Picnic Island, sebuah area yang khusus di buat untuk piknik dan barbeque-an. Seru deh, lokasinya di antara parit bersih dan suasana pulaunya pun terasa.

Koleksi replika kapal di Museum Maritime, mirip dengan Meseum Transportasi TMII

Waktu sudah hampir jam 11 siang, saatnya kami harus mulai mencari lokasi makan siang. Sederetan kafe dan resto bisa ditemui di kawasan taman ini dan ada beberapa lokasi pilihan diantaranya: Little Stanley, Grey Street, Stanley Street Plaza yang semuanya berdeketan dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Dan ah senang sekali karena banyak pilihan makanan halal, mulai dari makanan India, kebab dan favorit kami makanan Portugis, Nandos!

Selesai makan siang kami pun kembali menjelajahi taman, udara yang sejuk saat itu (20 derajat Celcius) membuat langkah kami semakin bersemangat. Banyak tersedia bangku santai di sepanjang jalan, ada yang bermain musik, membaca buku dan melukis. Area yang kami lewati ini dinamakan Rainforest Walk, sesuai namanya..banyak pohon tinggi yang terawat di kiri dan kanan jalan.

Suasana di Rainforest Walk

Kemudian kami berhenti di Wheel of Brisbane, sebuah kincir angin raksasa yang sepi pengunjung (dapat dimaklumi karena saat itu hari kamis, kalo weekend pasti lain cerita). Biaya per orang 20 AU$ untuk sekitar 20 menit menikmati wahana ini.

The Famous "Wheel of Brisbane"

Cuaca cerah & langit biru selalu menemani liburan kami saat mulai memasuki musim panas di Australia

Di sisi lain dari Wheel of Brisbane ini ada beberapa gedung diantaranya Queensland Conservatorium dan Queensland Performing Arts Center. Tujuan kami selanjutnya ada di seberang jalan yaitu Queensland Museum dan Science Center! Wah kami menghabiskan waktu sampai 2 jam disin karena anak-anak seneng banget! Sebetulnya isinya mirip-mitip dengan Science Center pada umumnya, tapi yang bikin seru adalah setiap anak yang masuk diberi semacam kertas kerja dan kasus yang harus mereka pecahkan lalu mereka harus menuliskan jawabannya dengan cara mengamati dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam Science Center ini.. jadi makin seru kan?

Di Science Center manapun, 2 jam itu rasanya "terlalu cepat" untuk anak-anak

Heeeyy..ada buah Kepala Nanas! :p

Sudah hampir pukul 3 sore, kami kembali ke arah taman dan anak-anak pun bereksplorasi di arena bermain..Bisa di tebak ya isi arena ini, mulai dari jungkat-jungkat, perosotan, ayunan dan mainan sejenis. Saya dan suami duduk di bawah pohon sambil bermain dengan burung-burung yang banyak dan enggak takut sama manusia ..sambil upload foto ke sosial media..hehe...Yes, sepanjang area ini memang ada free wifi yang super cepat! Ehm, sudah mulai mengerti kenapa saya sebut ini surga kan? :D

Playground gratis di Soutbank

Taman tempat para orang tua menunggu anaknya bermain, ditemani wifi super cepat dan burung-burung yang ramah

Akhirnya sore pun tiba: waktunya basah-basahan! Dan inilah lokasi favorit saya! Kenapa? Karena kota Brisbane sebenarya tidak punya pantai di tengah kota, tapi pemerintah daerahnya membangun pantai buatan di taman ini yang di beri nama Street Beach.

Pantai buatan yang sangat cantik ini dibuat menyerupai pantai asli lengkap dengan 3000 meter kubik pasir dan tentunya: sederet petugas Lifeguard (padahal lokasi terdalam di pantai hanya 1,8 meter dan signage-nya yang jelas sehingga relative aman untuk anak-anak). Di Street Beach ini walaupun tidak ada ombak buatan tapi aktifitas di sekitarnya tuh pantai bangeet: ada yang berjemur pake bikini, main voli pantai, bikin istana pasir dan berenang.

Pantai buatan di tengah kota, lengkap dengan 3000 meter kubik pasir&sederet petugas Lifeguard!

Kedalaman pantai buatan ini maksimal hanya 1.80 meter saja

Bulan September sebetulnya sudah masuk Spring (musim semi), tapi bagi turis yang biasa hidup di cuaca tropis seperti kami sih air di pantai buatan ini masih terbilang dingin ya..

"Brrrr! Airnya dingin banget..Main pasir aja ah!" kata Ivy (5 tahun)

Nah, kalau sudah lumayan lama bermain air dan pasir, jangan lupa ajak anak-anak ke sisi lain pantai ini karena disana ada Aquativity semacam water play dengan kolam dangkal, splash air terjun, dan mainan air sejenis. Athena (8,5 th) dan Vienna (5 th) menikmati sekali main disini.

Selain pantai buatan, ada juga kolam Aquativity khusus untuk anak-anak bermain berbagai permainan air

Walaupun tidak terlalu banyak bermain warna, tapi suasana kolam Aquativity ini sangat menyenangkan!

Oh iya, satu lagi yang menyenangkan: di taman ini tersedia tap water hampir di setiap sudutnya, hebat yah..ini semua gratis dan bikin kita gak usah khawatir kalau lupa bawa bekal air minum..Maklum, harga air kemasan di Australia ini cukup mahal lho kalau di-kurs ke Rupiah, jadi lumayan biaya tinggi juga kalau harus membeli minum setiap saat.

Setelah mandi dan bersih-bersih, kami pun menunggu keindahan suasana Sunset sambil menikmati Snow Cone dan Kebab di Central Café yang berlokasi di seberang Street Beach. Kami, terutama anak-anak bahagia sekali pada hari itu: menambah wawasan di Museum Maritime,naik Wheel of Brisbane, seru-seruan di Science Centre, main di playground gratisan, menikmati pantai buatan di tengah kota dan ditutup dengan Snow Cone, Kebab dan Sunset..Sempurna!

Ngemil Snow Cone (es serut diberi sirup) dan Kebab setelah bermain air. Perfect Combination!

Waktu sudah hampir menunjukkan jam 5 sore.
Sebetulnya dari visitor map yang kita dapat di information center, masih banyak yang bisa kita lakukan di area Southbank Park ini diantaranya: naik City Cad (ferry) keliling seluruh area, bersepeda (tersedia untuk disewa), melihat pagoda, foto-foto di Goodwill Bridge dan lain sebagainya, namun kami memilih untuk mengunjungi toko suvenir dan duduk di kafe minum coklat panas setelah Matahari sudah menghilang.

Suasana sunset di Southbank Park

Suasana setelah matahari terbenam di Southbank dihiasi lampu-lampu yang mempercantik suasana taman

Toko souvenirs, cafe dan resto lumayan banyak jumlah di Southbank, begitu juga resto yang menjual makanan halal

Sampai di Southbank jangan lupa mampir ke Visitor Center untuk ambil peta yang akan mempermudah arah kita saat jalan-jalan

Dalam kurang-lebih 10 jam kunjungan kami ke taman ini sudah sedemikian banyak yang kami nikmati, luar biasa ya. Karena itu di awal cerita kami menjuluki tempat ini sebagai ‘Surga Mini untuk Keluarga..semoga ga terlalu berlebihan ya :D

So, kalau sedang ada di Gold Coast atau Brisbane, jangan ragu untuk mengunjungi sederetan lokasi ini..dijamin gak rugi deh seharian..

Untuk Info lengkap kunjungi www.visitsouthbank.com.au atau kalau ada yang mau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar dibagian bawah tulisan saya ini ya..Terima kasih :)

Di brosur Visior Guide Southbank Park sudah ada rekomendasi kegiatan untuk orang tua & anak-anak. Sangat membantu!