Photo by liburananak.com

About Kidzania Jakarta

Hanya Di kota KIDZANIA anak-anak (usia 4-16 tahun) bisa sepuasnya memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Di kota Kidzania ada  lebih dari 100 jenis PROFESI dan PEKERJAAN orang dewasa lainnya. Anak-anak pun dipanggil dengan sebutan “Bapak” atau “Ibu” oleh para Zupervisor yang memandu kegiatan di dalam kota Kidzania.

Pencahayaan di Kota Kidzania yang mempunyai luas 7500 m2 ini  sengaja dibuat sedikit gelap karena kota-kota pada umumnya terlihat lebih terang di malam hari. Lampu-lampu jalanan, billboards, cahaya dari mobil yang lalu-lalang di jalanan, semuanya memberikan suasana yang menarik dan berbeda. Lagipula, anak-anak pada umumnya tidak beraktifitas di luar rumah di malam hari, karena itu KIDZANIA adalah satu-satunya tempat di dunia yang memungkinkan anak-anak untuk mewujudkan impian mereka: menjadi orang dewasa dan melakukan berbagai aktifitas orang dewasa.

Untuk anak-anak berusia 4 tahun ke bawah, bisa bermain di Dapur khusus Balita, Rumah Kaca Vita dan Ruang Keluarga Urbano. Di Ruang Keluarga Urbano, anak usia balita bisa bermain di lingkungan yang aman dan menyenangkan dengan arena bermain yang khusus dirancang untuk mereka.

Anak-anak pun mengenakan seragam dalam melakukan peran yang mereka mainkan. Dengan dipandu oleh Zupervizor Kidzania, anak-anak dapat menyelami langsung dunia, profesi atau pekerjaan orang dewasa yang selama ini mereka impikan, serta belajar menghargai nilai uang, seperti di dunia yang sesungguhnya

KIDZANIA dibagi menjadi 4 area utama, yaitu:

  1. Airport – area pintu masuk dimana anak-anak naik pesawat untuk menuju ke KIDZANIA
  2. Pusat Kota  - yang penuh dengan berbagai macam aktifitas
  3. Pingiran Kota – lokasi perindustrian yang dipenuhi dengan berbagai jenis pabrik.
  4. AREA PERMAINAN BALITA ( hanya boleh untuk anak usia dibawah 4 tahun):
  • Urbano House / Dapur Kecil Kidzania – layaknya peralatan dapur lengkap di rumah tapi semuanya dengan ukuran anak-anak. Mulai dari kompor dengan api biru yg terbuat dari lampu-lampu kecil, kulkas, microwave oven, bread toast, panci-panci, bahan-bahan makanan (sayur, buah, pizza, donat, sushi dll) dari plastik, talenan, pisau mainan sampai meja kecil untuk meletakkan makanan-makanan yang sudah selesai dimasak.
  • Ruang Keluarga Urbano - Temanya adalah ruang tamu untuk para balita yang menampilkan rasa senang,ruangan berwarna warni, terdapat seorang pembaca cerita anak-anak,kartun,dan pertunjukan boneka. Anak balita pun bila bermain piano disini juga bisa mendapatkan Kidzos.
  • Rumah Kaca Vita – Rumah Karakter dikenal juga sebagai Rumah hijau Vita -Dengan bertema Victoria,menampilkan aktivitas untuk para anak-anak balita untuk menanam bunga dan menggunakan pasir/ pupuk mainan.

     

MATA UANG KIDZOS

  • KidZania memiliki ekonominya sendiri dan anak-anak menggunakan mata uang resmi yaitu KIDZOS.
  • Dengan KIDZOS, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka.
  • Upah yang mereka dapatkan ini kemudian bisa digunakan untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ada di KIDZANIA
  • Setiap kali mengunjungi Kidzania, anak-anak akan mendapatkan cek senilai 50 Kidzos.
  • Jika sudah tiba di dalam, anak-anak harus ke bank dan mencairkan uangnya supaya bisa digunakan untuk membeli barang-barang atau jasa di Kota Kidzania.
  • KIDZOS tidak dapat diuangkan dengan uang rupiah
  • Untuk mendapatkan lebih banyak KIDZOS maka anak-anak harus bekerja.
  • Jika anak-anak senang menabung dan memantau penggunaan uang sendiri, anak-anak bisa buka rekening di bank,mendapatkan bunga, memiliki kartu debit dan memperoleh ATM untuk transaksi tarik tunai, periksa saldo di ATM Kidzos.
  • Jika anak berkunjung lagi (kunjungan kedua) ke Kidzania, dan anak sudah memiliki Kartu ATM, maka sang anak bisa menambahkan 50 Kidzos yang didapat di airport ke rekening yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
     

Pilihan-pilihan Profesi di Kota Kidzania:

  • PELAYANAN / SERVICE: Pemadam Kebakaran, Polisi & Penjara, Pembersih Sepatu, Insinyur Infrastruktur Bawah Tanah, Dokter Bedah, Paramedik & Perawat, Dokter Gigi, Perawat Bayi, Pegawai Bank, Pembuat Obat  di Pabrik Obat, Pembersih Jendela, Biro Penyelidik, Pengadilan, Kantor Pelayanan Pajak, Laboratorium, Pusat Distrbusi Kota Kidzania, Pusat Penelitian & Pengembangan (R & D)
     
  • TEMPAT TINGGAL : Konstruksi, Pengecatan Rumah, Kamar Mandi, Ruang Keluarga, Ruang Bermain, Rumah Kaca Vita, Hotel.
     
  • BUDAYA : Teater, Situs Arkeologi, Tempat Olahraga (Gymnsium),Sekolah Kuliner, Sekolah Sulap, Universitas KIdzania, Sekolah Akting, City Clock, Pusat Pembelajaran Digital, Lounge Disco.
     

Untuk  MENDAPATKAN MATA UANG KIDZOS, profesi yang dapat dipilih anak-anak adalah:

BIDANG TRANSPORTASI: 

  1. Pengisi Bensin di Pom Bensin – mengisi bensin mobil-mobil yang datang, meminta bayaran dari setiap mobil yang mengisi bensin.
     
  2. Montir Bengkel Mobil – bisa belajar membenarkan mobil, belajar mengganti ban dan memperbaiki mesin.
     
  3. Operator Taxi Call Center dan Taxi dispatcher di Pusat Pemesanan Taxi -  Anak-anak akan berperan sebagai operator yang  siap melayani Pengguna Taxi di beberapa sudut Kota KidZania
     
  4. Pilot & Pramugari di dalam Pesawat Terbang – Di airport Kidzania, ada pesawat sungguhan dan kita bisa bermain di dalamnya.Disini, anak-anak bisa belajar menerbangkan pesawat dengan flight simulator dan jg bisa memilih menjadi pramugari. 

    BIDANG JASA:
  5. Stasiun Polisi – Selesaikan kasus dengan menjadi detektif, hakim, atau pengacara Disini kamu bisa berperan sebagai petugas dan polisi yang akan mencari cara untuk menangkap penjahat yang kabur dari penjara dengan bantuan peralatan-peralatan yang canggih.
     
  6. Biro Penyelidik – anak-anak belajar menjadi detektif untuk memecahkan kasus pencurian di kota Kidzania.
     
  7. Pengacara & Hakim dalam aktivitas pengadilan ,lengkap dengan simulasi pernyataan pembukaan, saksi-saksi, argumentasi, dan adanya juri.
     
  8. Stasiun Pemadam Kebakaran – menjadi petugas pemadam kebakaran dan akan dilatih cara memadamkan api. Anak-anak juga akan belajar langkah-langkah mencegah terjadinya api di rumah serta hal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran. Jangan lupa juga serunya naik mobil pemadam kebakaran menuju lokasi. Pemadam kebakaran bisa mendapatkan imbalan kidzos. 
     
  9. Perawat, Dokter, Dokter Bedah, Paramedis, Dokter Gigi  di Rumah Sakit Kidzania. Anak-anak akan belajar membawa pasien ke rumah sakit dengan menggunakan ambulans, belajar bagaimana cara merawat orang sakit dan bekerja dalam tim, belajar bagaimana menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan organ dalam tubuh manusia.
     
  10. Perawat Bayi – anak-anak bisa beraktifitas layaknya seorang suster dengan merawat bayi mulai dari memandikan dan belajar akan pengetahuan tentang kesehatan bayi.
     
  11. Peracik Obat – belajar meracik obat yang dibutuhkan oleh pasien
     
  12. Pembersih Sepatu – anak bisa belajar bagaimana menjadi penyemir sepatu dengan peralatan lengkap. Akan menjadi momen yang tak terlupakan.
     
  13. Teknisi Perusahaan Telekomunikasi – dengan alat-alat yang ada anak-anak dikenalkan untuk bisa mencari jaringan telepon yang rusak di Kidzania dan memperbaikinya.
     
  14. Pengecatan  Rumah – belajar dan bekerja mengecat rumah, melakukan finishing dan waterproofing
     
  15. Pembersih kaca –anak-anak akan  menggunakan mesin untuk naik membersihkan kaca-kaca di gedung dan memakai peralatan keselamatan untuk mendukung keselamatan kerja.
     
  16. Pekerja Konstruksi – Menjadi pekerja konstruksi atau insinyur, memasang batu bata, menjalankan menara crane, membangun rumah. 
     

BIDANG MEDIA: 

  1. Penulis di Koran – Melaporkan tiap kejadian yang terjadi kepada masyarakat
     
  2. Studio TV - Operasikan kamera, desain setnya, perbaiki tv, atau berlagak bak aktor/aktris kenamaan, dan dapatkan kidzosnya
     
  3. Penulis Berita atau Wartawan di Penerbitan Surat Kabar – belajar bagaimana cara meliput dan menulis berita yang di muat di Koran/surat kabar.
     
  4. Teknisi atau  Penyiar di Radio Kidzania – belajar membaca berita dan menjadi pembawa acara talk show di stasiun radio setempat, dan suaramu bisa didengar banyak orang
     
  5. Pembawa Berita, Kameramen, Teknisi Audio dan Video di Studio Televisi . Setelah selesai, anak-anak dapat membeli video dari program TV yang mereka bawakan
     
  6. Fotografer, copywiter dan art director di Perusahaan Iklan – belajar proses pembuatan iklan yang bagus dan setelah itu mendapat print out iklan tersebut.
     
  7. Pengisi Suara di Studio Sulih Suara / Dubbing – belajar dan merasakan bagaimana seorang aktor pengisi suara professional di film-film kartun bekerja dan bagaimana harus menyesuaikan karakter suara.
     

BIDANG RETAIL:

  1. Salon Kecantikan – Untuk yang gemar kecantikan, bisa jadi penata rambut, perapih kuku, atau menata make up pelanggan
     
  2. Supermarket – Menjadi kasir, toko obat, atau penjaga toko roti bisa dilakukan di sini
     
  3. Model  atau Peragawati Profesional di Rumah Mode Vita – berjalan di Catwalk Theater Metropolitan Kidzania dengan busana trendy, aneka gaya topi, syal, sepatu, kacamata dan aksesoris menarik yang bisa dipilih sendiri.
     
  4. Kasir di Minimarket

BIDANG MAKANAN & MINUMAN:

  1. Restoran hamburger – Jadi kasir atau koki bisa jadi pengalaman mengasyikkan dan menghasilkan

BIDANG BUDAYA:

  1. Arkeologis - Disini anak-anak akan diajak berpetualang ke dalam sebuah gua dan menemukan lukisan dinding peninggalan jaman purba yang harus mereka restorasi.
     
  2. Teater – Aktor/aktris, penata panggung, atau teknisi di teater menjanjikan keseruan dan pendapatan – anak-anak akan memainkan sebuah drama yang akan disutradarai oleh animator kami dan memiliki 30 menit untuk berlatih, kemudian mereka akan memerankan peran mereka. Para orang tua disarankan untuk melihat penampilan anak-anka mereka disini. Aktifitas ini dapat membangun rasa percaya diri anak setelah berlatih akan mempertontonkan kebolehannya dalam bermain musik di sepanjang jalan kota Kidzania.
     

BIDANG INDUSTRI:

  1. Pembuat Teh – merasakan bagaimana membuat teh, dari menimbang daun teh kering hingga merebusnya menjadi minuman teh yang siap minum.
     
  2. Pembuat  Es Krim – anak-anak akan membuat es loli. Anak-anak bebas memilih rasa yang paling mereka sukai dan juga memberi nama untuk es loli mereka.
     
  3. Pengisi Botol - Anak-anak akan mengikuti pelatihan di sebuah pabrik pembotolan, dimana mereka akan melakukan serangkaian aktifitas pembotolan minuman.
     
  4. Bekerja di Pabrik Wafer -Belajar, bagaimana menciptakan wafer asli yang enak.
     
  5. Bekerja di Pabrik Susu – Anak-anak akan belajar dan terlibat dalam proses pembuatan susu.
     
  6. Bekerja di Pabrik Bolpen – belajar merakit bolpen serta mengetahui sejarah ditemukannya alat tulis tersebut. Menarik bukan?
     
  7. Bekerja di Pabrik Kopi – anak-anak akan  tahu bagaimana caranya mengolah kopi.
     
  8. Bekerja di  Pabrik Mie – belajar sejarah mi, membuat mi kalian sendiri, bagaimana mengolah adonan, menggilingnya, dan sampai pada akhirnya menjadi sebuah mi kering yang siap saji.


   YANG BISA DIBELI DENGAN KIDZOS atau Membelanjakan KIDZOS

  1. Toko Hamburger – belajar cara membuat burger yang enak di burger shop ini.
     
  2. Toko Pizza – belajar membuat pizza sendiri. Setelah matang, anak-anak bisa membawanya untuk dimakan atau dibawa pulang.
     
  3. Sekolah Memasak - Disini anak-anak bisa belajar menciptakan makanan dengan bahan-bahan dan peralatan memasak yang sesungguhnya, dan melakukan berbagai macam aktifitas yang biasa dilakukan oleh seorang koki.
     
  4. Minimarket – menjadi pembeli di minimarket
     
  5. Department Store – dapat berbelanja sepuasnya disini dengan KidZos yang sudah anak-anak  kumpulkan.
     
  6. Belajar membuat beraneka ragam kue di Toko Kue 
     
  7. Rumah Sakit – Memeriksakan kondisi kesehatan untuk mendapatkan SIM atau mendapatkan perawatan medis
     
  8. Laboratorium Foto – Mencetak atau memproses foto. Tempat Olahraga – anak-anak bisa berolahraga, agar tubuh menjadi bugar dengan menggerakkan seluruh tubuh, berkeringat dan tetap bersenang-senang.
     
  9. Salon Kecantikan – Bisa Merapikan rambut, make-up, merapikan kuku, cuci rambut, atau merawat wajah dan didandani oleh teman-teman yang bekerja.
     
  10. Sekolah Sulap – anak-anak akan belajar berbagai aktifitas sulap, menjadi asisten pesulap dan membantu para pesulap dalam melakukan pertunjukan sulap mereka.
     
  11. Sekolah Akting – Akademi atau sekolah akting dirancang untuk dapat bekerja sama dengan Teater.Para pemain akan diterima dari sekolah akademi dan dibantu oleh personil teater. Dengan terlibatnya kerja sama dua paviliun dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar dalam proses produksi. Sekolah akting memberikan kesempatan belajar dalam audisi, tes akting, kostum dan make up serta di saat yang bersamaan dapat  menyiapkan panggung teater untuk pelaksanaan pertunjukkan.
     
  12. Sekolah Melukis – Mendapatkan pelatihan melukis
     
  13. Transportasi Publik – Naik Bis atau Taxi di Kidzania – merasa lelah berkeliling di Kidzania, ada tranpostasi umum yang bisa mengantar anak-anak berkeliling Kidzania  sambil mendengarkan supir bis menjelaskan tentang Kidzania
     
  14. Trek Balap F1 – Pelatihan mengemudi F1 Trek Balap Kidzania KZ1. Di paviliun ini anak-anak bisa merasakan pengalaman menjadi seorang pembalap mobil yang sedang berlatih di sirkuit balap mobil. Aktifitas ini dapat menstimulasi refleks dan keterampilan koordinasi, selain juga mengajarkan anak untuk mempelajari peraturan keselamatan dan pentingnya menggunakan perlengkapan pengaman selama balapan berlangsung.
     
  15. Rental Mobil – Mau membuat SIM di KidZania? Anak-anak harus melakukan test menyetir/ ‘test drive’ terlebih dahulu dengan menyewa mobil disini.
     
  16. Perijinan - Untuk membuat surat ijin diperlukan biaya, seperti pembuatan surat ijin mengemudi (SIM), misalnya.
     
  17. Dealer Mobil – anak-anak bisa memilih mobil yang disediakan di dealer mobil dan melihat bagian dalamnya.
     
  18. Pencucian Mobil – belajar bagaimana cara kerja mesin ‘drive thru car wash’ atau mesin pencuci mobil
     
  19. Isi Bensin di Pom Bensin
     
  20. Bermain di  Ruangan Mainan/Games Room yang  memberikan suasana seperti di suatu bar dimana terdapat permainan seperti catur, permainan bola,kartu dan para pengunjung dapat bermain bersama. Terdapat juga bar yang menyediakan minuman-minuman tanpa alkohol yang dapat dibeli dengan kidzos maupun rupiah
     
  21. Universitas Kidzania – anak-anak bisa belajar matematika dan bahasa sekaligus bermain. Selesai belajar, mereka bisa foto dengan pakaian toga dan menerima sertifikat kelulusan dari Universitas Kumon KidZania.
     
  22. Lounge / Tempat Disco
     
  23. Pembelajaran Digital – anaK tertarik dengan dunia animasi dan desain? Penasaran bagaimana menciptakan sebuah animasi dan desain yang bagus? Disinilah tempatnya. Anak kita akan belajar bersama-sama menjadi seorang animator handal. Ketika kita sudah menghasilkan sebuah karya yang keren, mereka bisa mengirimkannya ke semua teman-teman kita melalui email.
     
  24. Panjat Gedung - Tantangan seru di Panjat Gedung Ovaltine KidZania ini pasti tak akan terlupakan, memanjat gedung dengan ketinggian 8.2 meter. Begitu sampai di puncak gedung, kamera otomatis akan mengabadikan moment berharga ini… Seru kan?!
     
  25. Membuat Tato- Disini, anak-anak bisa membuat tato dengan berbagai macam gambar yang ada. Ingin membuat tato dimana? Ditangan, dipunggung, di kaki atau di wajah? Atau bahkan disemua bagian tubuh? Semuanya bisa. Keren bukan?

 

Tips Bermain di Kidzania: 

  • Sebelum memutuskan bermain ke KidZania, sebaiknya kita menelpon dulu untuk menanyakan apakah sedang ada kunjungan rombongan sekolah di sesi yang kita inginkan. Meskipun bukan weekend, bila sedang ada kunjungan rombongan pada hari sekolah maka Kidzania pun akan penuh pengunjung dan anak-anak pun harus mengantri lebih lama untuk bermain. 
     
  • Setelah menentukan sesi yang cocok, sebelum memulai aktivitas di KidZania. sebaik-baiknya datang lebih awal untuk mendapatkan tiket terlebih dahulu. Loket KidZania hanya dibuka 30 Menit sebelum sesi mulai.
     
  • Sesi aktvitas Di KidZania, Senin-Kamis : 09.00 - 14.00 & 11.00 - 16.00; Jum'at, sabtu, minggu, Dan hari besar: 09.00 - 14.00 & 15.00 - 20.00 dan sebaik-nya datang sebelum sesi di mulai agar lebih dapat puas bermain. 
     
  • Bila membawa Balita (usia kurang dari 4 tahun) bisa langsung naik ke lantai 2 karena mayoritas permainan di Kidzania mengharuskan usia anak 4 tahun keatas. Di lantai 2 terdapat dapur-dapuran, ruang membaca, rumah kaca dan ruang untuk para orangtua beristirahat (kafe kecil dan akses internet). 
     
  • Setelah bermain di ruang membaca (Urbano's Room), anak-anak balita bisa mendapatkan upah 10 Kidzos yang bisa mereka gunakan untuk membayar tiket naik bis keliling kota Kidzania (orangtua bisa berjalan mendampingi di luar bis).
     
  • Di berbagai sudut KidZania terdapat keran air yang airnya bisa langsung diminum. Untuk anak-anak yang lebih besar dan sudah tidak perlu didampingi, ajarkan mereka bagaimana cara menggunakannya sehingga mereka bisa minum kapan saja dan tidak kehausan atau mengalami dehidrasi saat bermain dalam waktu lama di ruangan AC. 
     
  • Bila sedang penuh, antrian untuk bermain memang selalu panjang dimana-mana. Sebaiknya sabar saja menunggu giliran di profesi yang benar-benar diinginkan oleh anak daripada berpindah-pindah yang akhirnya harus tetap antri juga. 
     
  • Untuk mengatasi rasa bosan saat menunggu giliran bermain, gunakan waktu tersebut untuk ngobrol atau bercerita dengan anak. Kenalan dan ngobrol dengan sesama anak dan orangtua yang juga sedang antri akan melatih kecakapan sosial anak kita. Atau kalau kita membawa kamera atau handycam, biarkan anak melihat hasil foto atau hasil rekaman video ketika dia beraksi pada permainan sebelumnya. 
     
  • Saat mengantri permainan, kita juga bisa menggunakan waktu 20-30 menit ini untuk memberi anak cemilan atau minuman agar mereka tidak kehausan atau dehidrasi karena di ruangan AC terlalu lama. 
     
  • Ada baiknya membawa jaket/ baju hangat untuk anak-anak (terutama balita) dan juga orangtua/pendamping. Suhu AC di KidZania lumayan dingin apalagi kalau pengunjung sedang tidak terlalu ramai.
     
  • Dan untuk balita, disarankan juga membawa stroller sehingga mereka bisa mengelilingi kota KidZniabersaama orangtuanya dan setelah lelah bermain mereka bisa beristirahat atau tidur sejenak di stroller. / LiburanAnak.com

You need to Login or Register to post a review

The Reviews

From 1 member

  • 1

From 1 member

Amalia Ramadhini

5 Reviews

0 Helpful Reviews

Kota untuk anak anak

December 24 2019

07:25

Lokasinya di dalem Mall Pacific Place. Mulai buka jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Letaknya di lantai 6 mall ini. . . Pas masuk wowwww seakan masuk kota di dalam mall.. semua aktivitas ada sponsornya sesuai dgn aktivitasnya. Misal bikin coklat di silverqueen, naik taxi di bluebird dsb. Didalam menerapkan seakan2 mereka berperan bekerja seperti orang dewasa. Utk mengendarai mobil harus urus sim, setelah bekerja mendapat uang, utk naik harus bayar. Simulasi dunia sehari-hari versi serunya . . Terdiri dari 2 lantai, baiknya usia 6 tahun keatas aja kalau kesini biar bisa main banyak dan weekday biar gak antri panjang karna tiap aktivitas dibatasi jumlah anaknya . . HIGHLY RECOMMEND menurutku dibanding masuk ke permainan mall dan fasilitas mushola nya sangat baik. Utk makan gak boleh dibawa ke dalam, didalam harganya lumayan Mahal, ya standard tempat rekreasi, teh pucuk 15rebu

Visited on September 2021

Amalia Ramadhini Gives 5 Star




Recommended Hotels & Restaurants


You need to Login or Register to ask a questions


You might also like this place

Download Our Apps