Photo by liburananak.com

About Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah telaga yang terbentuk secara alami, dan berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tepatnya berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Luas dari telaga ini mencapai 30 hektar, dengan kedalaman danau 28 meter.

Telaga ini berada 16 kilometer ke arah barat Kota Magetan. Dan karena berada di kaki gunung, suhu di sana mencapai 15 – 20 celcius. Oleh karena itu, tak jarang daerah sekitar menjadi berkabut, yang menambah kesan indah pemandangan. Keindahan Telaga yang telah membuat banyak wisatawan menjadikannya tujuan wisata.

Bahkan beberapa waktu lalu, keindahan telaga ini disamakan dengan Danau Geneva di Swiss. Karena indahnya pemandangan, alam yang masih asri, serta dinginnya udara yang menjadikannya tampak mirip. Bedanya, di Indonesia tidak terdapat salju sementara di Swiss terdapat salju.

Untuk masuk ke objek wisata ini, dikenakan biaya berbeda bagi anak – anak dan dewasa. Ditambah lagi biaya parkir untuk setiap kendaraan.

Pengunjung bisa datang ke objek wisata ini setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Kawasan wisata Sarangan dibuka 24 jam dengan waktu terbaik berkunjung pada saat pagi hingga sore hari.

Alam yang begitu indah dan asri, dimana danau sangatlah jernih dan bersih. Di sekeliling danau terdapat pegunungan dan pepohonan yang hijau dan tinggi. Bahkan, terkadang gunung, pepohonan, dan langit memantul dengan indah di permukaan danau.

Pengunjung dapat menikmati serunya berkeliling Telaga Sarangan dengan speedboat. Untuk satu kali putaran, dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per kapal. Sementara jika ingin merasakan tiga putaran langsung, dapat membayar sebesar Rp 150.000.

Satu speedboat dapat diisi 3 – 4 penumpang. Dengan speedboat, pengunjung akan dibawa menjelajah danau dengan kecepatan tinggi yang memacu adrenalin. Kemudian, membuat speedboat meliuk – liuk di atas air hingga penumpang terombang ambing.

Tidak hanya dapat berkeliling di perairan, pengunjung juga dapat berkeliling di daratan. Dapat dengan berjalan kaki ataupun dengan berkuda. Di sini, tersedia kuda – kuda yang disewakan.

Untuk tarif berkeliling dengan kuda dikenakan biaya Rp 50.000 untuk satu kali putaran. Pengunjung akan dibawa menyusuri tepian danau sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak hanya pemandangan alamnya, tapi juga pemandangan wisatawan lain yang juga

Untuk pengunjung yang ingin duduk santai menikmati pemandangan, dapat dilakukan di tepian danau. Ada tikar yang disewakan untuk pengunjung. Di atasnya dilengkapi dengan payung supaya teduh.

Di sekitarnya, pengunjung juga dapat menemukan penjual makanan yang digendong seperti jamu gendong. Makanan yang dijual pun masih tradisional. Seperti jajanan pasar, kacang rebus, nasi pecel, dan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam pegunungan di kawasan objek wisata ini bisa langsung menginap. Pilihan hotel di sekitar Telaga Sarangan untuk bermalam bisa dikatakan banyak dengan beragam tipe. Mulai dari Hotel, Home-stay, Villa dan Guest House.

Sumber : travelspromo.com

You need to Login or Register to post a review

The Reviews

From 1 member

  • 1

From 1 member

lisca theresia

2 Reviews

0 Helpful Reviews

Nice place

October 21 2020

09:35

suka banget ke telaga ini, pemandanganya indah banget terus kalo malem anginya ituuu sejukk dan dinginnn banget ditambah disekitar tempatnya banyak jajanan, bisa jajan sepuasnya! pastinya abis covid mau kesana lagi

Visited on September 2021

lisca theresia Gives 5 Star




Recommended Hotels & Restaurants


You need to Login or Register to ask a questions


You might also like this place

Download Our Apps